BackLink memberikan informasi tips kesehatan dan kecantikan, juga seputar lifestyle seperti fashion, gadget, kuliner, dan lain sebagainya.

Cara Mencegah 5 Bagian Motor Yang Mudah Berkarat

Maniak Otomotif - Cara Mencegah 5 Bagian Motor Yang Mudah Berkarat, selamat pagi sobat otomotif semua, dimusim hujan kayak gini pastinya sangat menjengkelkan kita ya, karena saking seringnya harus bolak-balik mencuci motor kesayangan kita, nah sobat otomotif tahu tidak ada bagian-bagian dari tunggangan kita itu yang mudah sekali berkarat, mungkin yang akan kita bahas hari ini adalah Cara Mencegah 5 Bagian Motor Yang Mudah Berkarat, monggo dilanjut membacanya!!
Salah satu musuh utama kendaraan bermotor adalah karat. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Salah satu penyebab karat adalah air. Berhubung sekarang ini sudah musim hujan, ada titik-titik dari sepeda motor yang rawan karat.

Saran dari Admin, Sebaiknya jika motor sehabis kena hujan atau kotor, langsung dicuci menggunakan air bersih dan  setelah otu dilap sampai kering, ini cara yang sangat mudah mencegah karat, dan berikut ini informasi mengenai beberapa bagian sepeda motor yang rawan terkena karat yang harus kamu waspadai.

1. Swingarm
Sambungan swingarm rawan karat. Selain itu bushing swingarm yang posisinya di dalam sering terkena kotoran. Jika pelumas kering, bushing akan berkarat dan berefek pada handling motor yang jadi enggak stabil.

2. Rangka
Rangka motor rawan karat, terutama pada bagian sambungan dan bagian yang sulit dijangkau ketika dicuci. Jika terkena karat bisa diampelas sampai karat hilang dan dicat ulang untuk mencegah besi rangka langsung terkena udara. Untuk motor sport, bagian dekat aki paling sering berkarat.

3. Monosok
Bukan pada unit monosoknya, tapi pada dudukannya. Khusus yang menggunakan link seperti Yamaha Scorpio bushing-bushing di dalamnya rawan terserang karat. Efeknya handling gak nyaman dan suara-suara aneh ketika sok mengayun.

4. Knalpot
Khususnya bagian leher knalpot, paling sering terkena air kotor dari cipratan roda. Ini berlaku untuk knalpot berbahan galvanis, untuk stainless lebih tahan karat.

5. Rantai
Posisi yang terbuka jelas rawan terhadap karat, terlebih jika rantai minim pelumas. Suara berisik, tarikan berat hingga rantai putus jadi akibatnya.

Nah, sudah pada tahu khan sobat otomotif, bagian motor mana yang harus kita jaga biar tidak terhinggapi oleh karat, mungkin cukup sekian apa yang bisa admin berikan lewat postingan yang berjudul Cara Mencegah 5 Bagian Motor Yang Mudah Berkarat, semoga bermanfaat dan terimakasih sduah mampir.

Cara Mencegah 5 Bagian Motor Yang Mudah Berkarat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bie Bie J

1 komentar: