BackLink memberikan informasi tips kesehatan dan kecantikan, juga seputar lifestyle seperti fashion, gadget, kuliner, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Ban Motor Benjol


Maniak Otomotif - Cara Mengatasi Ban Motor Benjol, pernahkan anda mengalami ini sobat otomotif semua, setelah ganti ban motor baru selang beberapa minggu berasa geyal-geyol pada motor kita dan ternyata sumbernya ada pada ban yang benjol atau bahasa jawanya "Meteng(Hamil)". Pasti sobat oto maniak sangat jengkel kesel dan marah bukan? masak baru beli ban'nya sudah benjol, Eits tak perlu khawatir sobat karna ada Cara Mengatasi Ban Motor Benjol yang sederhana, Simak terus ya!!
Ban benjol terjadi akibat masuknya udara di antara dua lapisan pembentuk ban. Angin yang masuk disebut akan berkembang ketika ban akhirnya dipakai di jalan dan terkena panas, baik akibat gesekan, maupun matahari langsung. Udara yang mengembang dalam lapisan itulah yang kemudian membuat ban tampak membenjol. Akibatnya, pemakaian sepeda motor atau mobil menjadi tidak nyaman lantaran melaju sambil terguncang-guncang


Ban benjol pada sepeda motor disebut sebagai akibat ketidaktelitian kala proses produksi. Pertanyaannya, bagaimana jika hal itu terjadi di tengah jalan. Apakah tidak apa-apa jika ban dengan kondisi seperti itu lalu terus digunakan. Lalu jika sobek, apakah mungkin ditambal. Saryono, Compounder dari PT King Tire Indonesia mengatakan bahwa ban benjol tidak bisa diperbaiki selain menggantinya dengan yang baru. Menurut dia, proses penambalan tidak bisa dijamin.

"Ditambal, enggak jamin. Nanti kalau dipakai, dia akan merembet terus (robekannya). Di dalamnya kan sudah ada rongga. Kalau dipakai terus, kan ada angin, nah anginnya ini akan mengembang terus. Makanya kalau sudah benjol, percuma dikempesin benjolnya dengan cara ditusuk lalu ditambal. Lebih baik diganti," kata Suyono.

Namun masih bisa diatasi ko sobat, yang perlu kita persiapkan yakni
  • Penusuk (bisa obeng kecil ataupun pisau kecil)
  • Kompresor atau pompa manual ban

Caranya 
  1. Cari benjolan yang ada diBan Motor kita
  2. Kalau sudah ketemu biarkan ban dalam keadaan masih terisi angin.
  3. Selanjutnya tusukkan penusuk kira2 tidak sampai mengenai ban dalamnya!!
  4. Kemudian kempeskan ban lalu tiup lagi menggunakan kompresor atau pompa manual ban selanjutnya ulangi cara no 2 dan 3 hingga angin yang terdapat pada benjolan sepenuhnya sudah keluar.
  5. Ban motor kembali normal

NB: Jangan terlalu keras menusukkan penusuk atau pisau kecil pada benjolan karena dikhawatirkan bisa melukai Ban Dalam sepeda motor kita.

Nah cukup mudah dan simple khan sobat, semoga artikel tentang Cara Mengatasi Ban Motor Benjol ini bermanfaat, selamat mencoba dan terimakasih sudah berkunjung.

Cara Mengatasi Ban Motor Benjol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bie Bie J

0 komentar:

Poskan Komentar